matholek
Menuju insan sholih akrom
+6285712221333

MENGENAL KITAB FAYD AL-HIJA FI SHARH NADZM NAYL AL-RAJA KARYA: KH MA SAHAL MAHFUDH

Oleh: M Islahuddin S.Ag.

ِA. Latar Belakang Penulisan

Kiai Sahal ketika menulis sebuah kitab (seperti kebiasaan muallif-muallif kitab yang lain) selalu menyertakan latar belakang atau faktor yang mendorong beliau menulis kitab tersebut pada mukaddimah (pendahuluan), seperti halnya saat beliau menulis kitab Fayḍ al-ijā yang merupakan ta’liqan (catatan kaki) atas nadzam kitab Safīnah al-Najā yang berjudul Nayl al-Rajā karya dari Syaikh Muhammad Ma`shum (putra dari KH Siraj Cirebon).

Pada pengantar kitab Fayḍ al-ijā Kiai Sahal menceritakan bahwa motivasi utama beliau menulis kitab tersebut adalah memenuhi permintaan teman-teman beliau, dengan harapan kitab ini dapat memudahkan mereka dan pembaca pada umumnya untuk memahami nadzam Nayl al-Rajā tadi.

Penulis memiliki asumsi bahwa kitab Fayḍ al-ijā ini ditulis oleh Kiai Sahal saat beliau masih nyantri di daerah Sarang, Kabupaten Rembang. Dibuktikan dengan adanya kata pengantar dari KH Zubayr Dahlan (ayahanda dari KH Maimoen Zubayr) yang merupakan guru utama saat beliau menimba ilmu di Sarang, serta pada akhir penulisan beliau menyebutkan bahwa kitab ini selesai ditulis pada tahun 1381 H. dimana pada tahun tersebut beliau aktif menulis kitab-kitab disela-sela mengaji dan mengajar di daerah tersebut.

B. Isi Kitab

Berbeda dengan karya-karya Kiai Sahal yang lain dimana beliau hanya memberikan penjelasan dengan redaksi yang singkat, di dalam kitab Fayḍ al-Hijā ini Kiai Sahal memberikan sharḥ (penjelasan) dengan redaksi yang gamblang dan panjang lebar, serta ada beberapa poin penting yang dapat penulis ulas pada tulisan ini atas usaha Kiai Sahal di dalam menjelaskan nadzm Nayl a-Rajā, diantaranya adalah:

1. Memberikan Penjelasan Gramatikal Arab (Nahwu).

قوله حمدا: مصدر مؤكد حذف عامله وجوبا و التقدير أحمد حمدا أو حمدت حمدا فإن المفعول المطلق إذا بين فاعله أو مفعوله بالإضافة نحو صبغة الله و نحو ضرب الرقاب و سبحان الله أو بحرف جر نحو بؤسا لك و بعدا لك و نحو شكرا لك و حمدا لك و عجبا منك و جب حذف الفعل ما لم يكن لبيان النوع نهو قوله تعالى: وسعى لها سعيها. فيض الحجا

2. Memberikan Penjelasan Terkait Cara Baca.

قوله و رسل: بسكون السين للضرورة جمع رسول أي و أنبيائه أيضا بأن نعتقد أن لله رسلا و أنهم صادقون معصومون مبلغون حاذقون. فيض الحجا ص: ٦.

3. Memberikan Tema Pada Setiap Fasl.

Perlu diketahui bahwa nadzm Nayl al-Rajā hanya ditulis oleh KH Muhammad Ma’shum dengan memisahkan satu pembahasan dengan pembahasan yang lain dengan menggunakan kata “فصل”, tanpa menyertakan judul tema terkait pembahasan yang akan dibahas. Namun Kiai Sahal dengan teliti dan rapi memberikan judul-judul tema pada pembahasan yang ada pada tiap faslnya sesuai dengan tema yang akan dibahas, seperti:

قوله فصل: أي في علامات البلوغ. فيض الحجا ص: ٨.

قوله فصل: أي في بيان الإستنجاء. فيض لحجا ص: ۹.

Hal yang dilakukan oleh Kiai Sahal ini (memberikan tema-tema pada setiap fasl) menurut penulis sangatlah berjasa di dalam mensistematiskan suatu kitab, dan hal serupa sebelumnya juga telah dilakukan oleh Ulama besar madzhab al-Syafi’I yaitu al-Imām al-Nawawy. Dimana beliau telah berjasa memberikan tema / bab pada hadis sahih muslim yang sebelumnya hanya ditulis tanpa menyertakan bab maupun fasl. Al-Nawawy menuangkan jerih payah tersebut di dalam kitabnya yang berjudul al-Minhāj fī Sharḥ Ṣaḥīḥ Muslim ibn al-ajjāj.

4. Menjelaskan Nadzm Nayl al-Rajā dengan nadzm karya Kiai Sahal Sendiri.

تتمة: سنن الغسل و لو مندوبا كثيرة و عدها في شرح الأصل سبع عشرة و ذكرت منها هنا تبعا له ما هو مجموع في قولي:

تسمية الرب إزالة القذر # ثم الوضو التثليث تخليل الشعر. فيض الحجا ص: ٢٧

5. Menjelaskan Nadzm Nayl al-Rajā dengan istilah yang mudah difahami.

قوله مرحلتين: مسافة القصر على ما صححه في فتح القدير : ٨۹ كيلو مترا و ۹۹۹, ۹۹۲ متر. فيض الحجا ص: ٨۳.

6. Menjelaskan Nadzm Nayl al-Rajā dari sisi ilmu Balaghah.

قوله أكملا: أي به صلى الله عليه و سلم فإنه أكمل به جميع الأنبياء و ختموا به كما قال تعالى: مت كان محمدا أبا أحد من رجالكم و لكن رسول الله و خاتم النبيين. و في الإتيان بالكمال هنا من أنواع البديع ما كان لا يخفى و هو براعة الإختتام. فيض الجحا ص: ۹٧.

7. Menjelaskan Nadzm Nayl al-Rajā dari sisi ilmu Ushul Fiqh.

قوله ما كان الخ: أما نفس السرة و الركبة فليسا بعورة و لكن يجب ستر بعضهما من باب لا يتم الواجب إلا به فهو واجب. فيض الحجا: ٦۰.

C. Transmisi Sanad Keilmuan Kiai Sahal

Pada akhir tulisan kitab Fayd al-ijā halaman 98 Kiai Sahal memberikan informasi penting terkait sanad (mata rantai) keilmuan beliau, diantaranya adalah:

a. Kiai Sahal menimba ilmu fiqh kepada KH Muhajir, Bendo, Kediri (paman dari Syaikh Ihsan Jampes) selama empat tahun. Dari beliau Kiai Sahal mengaji beberapa kitab, diantaranya adalah: Syarḥ Muqaddimah al-adramiyyah, Fatḥ al-Mu`īn, Sharḥ Safīnah al-Najā, Sullam Taufīq, bagian awal kitab Fatḥ al-Wahab, Iḥyā’ `Ulūm al-Dīn, Tafsir Jalālayn, serta beberapa kitab-kitab tasawwuf yang lain .

b. Kiai Sahal menimba ilmu kepada KH Zubayr Dahlan, Sarang Rembang selama lima tahun. Dari beliau Kiai Sahal mengaji beberapa kitab, diantaranya: Fatḥ al-Wahab, al-Iqnā`, Kanz al-Rāghibīn, al-Ashbāh wa al-Nadzāir, Sharḥ Jam`u al-Jawāmi`, Tafsir al-Baydāwy, bagian awal kitab sunan enam dll.

Pada akhir penulisan, Kiai Sahal memberikan informasi bahwa kitab Fayd al-ijā selesai beliau tulis pada malam selasa, tanggal 18 Dzulhijjah, tahun 1381 H. serta beliau juga berdoa semoga kitab yang beliau tulis ini menjadi tabungan amal kelak di akhirat, ikhlas karena Allah, serta bermanfaat bagi manusia pada umumnya. Amin.