Seksi Pendidikan Himpunan Siswa Mathali’ul Falah (HSM) mengadakan acara Musyawaroh Kubro yang mana acara ini rutin diadakan setiap tahunnya. Acara ini bertempat di Gedung Aula Lt. III Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) Lil Banat pada hari Sabtu, 15 Desember 2018 dengan dihadiri lebih dari 40 delegesi dari berbagai Osis dan Pondok Pesantren se-Karesidenan Pati.

Diadakanya acara ini selain untuk pembelajaran dalam proses memecahkan problematika-problematika yang terjadi di kalangan masyarakat juga bertujuan untuk menjalin tali silaturrahim antar Pondok Pesantren. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak KH. Abdul Baqi dan Bapak K. Faishol Muzammil selaku mushohih, Bapak KH. Khoirul Asyhar dan Bapak Ala’uddin Alwahidi selaku moderator, Bapak Ahmad Mahfudh dan Bapak Jamaluddin Noor selaku mustasyar.

Keberlangsungan musyawaroh kubro tak lepas dari diskusi yang sangat sengit antara para musyawirin, juga lengkap dengan tanggapan-tanggapan kritis atas setiap argumen yang diutarakan. Musyawaroh kubro kali ini dapat menyelesaikan tiga masalah dari empat yang ditargetkan. Hingga akhir acara, musyawaroh kubro berjalan dengan kondusif. Acara diakhiri dengan mushofahah dan foto bersama oleh semua peserta musyawaroh.