Bwakil-pim

Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) ke VI yang di selenggarakan oleh Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah berakhir Rabu (30/11/2016). MQK yang digelar di Pondok Pesantren Ma’haduth Thalabah Lebaksiu, Kabupaten Tegal  ini merupakan ajang rutinan dua tahun sekali yang diikuti oleh seluruh Kab/Kota Se Jawa Tengah.

Perguruan Islam Mathaliul Falah Kajen-Margoyoso-Pati ikut berpartisipasi pada event tersebut dengan mengirimkan 11 santrinya yang tergabung dalam kontingen kabupaten Pati.  Dari berbagai cabang yang diikuti, para santri Mathaliul Falah berhasil membawa pulang 8 medali yang 6 diantaranya medali emas atau juara satu. Sedangkan dua lainnya adalah medali perunggu.

“Alhamdulillah. Ini merupakan hasil yang luar biasa, Fauqal mutawaqqi’ (diatas ekspektasi) mengingat persiapan anak-anak yang hanya sekitar 3 minggu,” kata salah satu guru pembimbing Ustadz Khoirul Azhar Lc. yang disampaikan melalui Whats App usai acara penutupan.

Santri-santri yang meraih juara I MQK tingkat Jawa Tengah tersebut selanjutnya akan mengikuti MQK tingkat nasional sebagai wakil Jawa Tengah yang kebetulan akan menjadi tuan rumah untuk MQK Nasional VI tahun 2017 mendatang.

penutupan

“Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk dijadikan momen pendorong agar santri lebih keras dalam belajar mereka memahami dan menguasai kitab-kitab klasik (kitab kuning) yang merupakan ciri khas pesantren. Akan tetapi, jangan sampai lomba atau musabaqoh menjadi tujuan utama” jelas bapak Sidqon Famulaqih, Pembantu Direktur Bidang Kesiswaan Perguruan Islam Mathaliul Falah.(Abi Raad)

Berikut daftar nama-nama siswa Mathaliul Falah peraih trofi pada MQK VI tingkat Jawa Tengah di Tegal (28-30/11/2016).

Tingkat Nama Siswa Cabang Kitab Hasil Yang Di Capai
Ula 1 Faza Rosyada Nahwu Al-Jurumiyah Juara I
Wustho 2 Nadilla Lathifatun Ni’mah Balaghoh Jauharul Maknun Juara I
3 Saiful Anwar Hadist Subulus Salam Juara III
4 Indana Zulfa Nahwu Imrithi Juara III
Ulya 5 Alfi Ni’matin Ulya Akhlak Ihya’ Ulumuddin Juara I
6 Dhea Aulia Azizah Ushul Fiqh Ghoyatul Wushul Juara I
7 Basmah Nafisah Balaghoh Uqudul Juman Juara I
8 M. Mujtabal Amiq Tarikh Arrahiqul Makhtum Juara I