DSCF4686
Bapak Dr. Imron Rosyidi saat memberikan penjelasan
Tak seperti biasanya, acara Talk Show Kesehatan Himpunan Siswa Mathali’ul Falah (HSM) terasa berbeda kali ini. Bila tahun-tahun yang lalu acara tersebut diadakan di ruang tertutup dan diikuti peserta terbatas, pada tahun ini Seksi Sosial HSM selaku pelaksana mempunyai inovasi baru yang berbeda dari sebelumnya.
Talk Show Kesehatan kali ini diadakan di halaman Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) dan diikuti oleh seluruh siswa. Acara berlangsung pada hari Selasa malam, 12 April 2016, dengan Tutor bapak Dr. Imron Rosyidi dan dipandu oleh bapak Ah. Syamsul Ridlwan, S. Pd. Si., selaku moderator, dan dihadiri oleh bapak Penasehat HSM, H. M. Ulin Nuha, Lc. Talk Show kali ini mengambil tema “Memahami Demam Berdarah Dengue Dan Pencegahannya”, dengan tujuan mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada para siswa tentang bagaimana demam berdarah dengue (DBD) itu menjangkiti seseorang dan cara penyebarannya, serta kiat-kiat untuk mencegah nyamuk penyebab DBD tersebut.
DSCF4702
Bapak Syamsul Ridlwan, selaku moderator.
DSCF4685
Bapak Ulin Nuha, saat memberikan sambutan.
Dalam sambutannya, bapak Ulin Nuha memberikan apresiasi atas perubahan dan inovasi segar yang dilakukan oleh Seksi Sosial HSM dalam acara tersebut. “Bila dulu HSM mengadakan acara ini di ruang tertutup dan hanya dihadiri oleh perwakilan kelas, kini semua siswa bisa mengikuti karena diadakan di halaman sekolah. Ini penting.”
Bapak Ulin Nuha juga mengingatkan kepada para siswa akan pentingnya kebersihan. “Kita tiap hari mengaji dan paham tentang bab Thaharah (tentang bersuci), namun masih banyak yang tidak terlalu peduli tentang kebersihan. Maka dari itu, acara ini penting untuk diikuti oleh semua siswa agar kesadaran akan kebersihan semakin kuat. Dan kebersihan pun pada nantinya juga akan bermanfaat sebagai pencegahan penyebaran DBD.”
DSCF4667DSCF4663DSCF4703
Terlihat para peserta bersemangat mengikuti jalannya acara.
Acara berlanjut dengan penjelasan bapak Dr. Imron tentang DBD. DBD merupakan virus dengue dan menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Artinya, penyakit ini tidak bisa menular langsung dari seseorang ke orang lain tanpa perantara nyamuk tersebut. Ciri-ciri spesifik DBD yaitu demam tinggi hingga 41 derajat celcius, sakit kepala, nyeri sendi, otot, tulang dan lain-lain.
Tidak ada obat khusus untuk demam ini. Namun, gejala penyakit ini bisa diatasi dengan banyak minum cairan, istirahat, dan mengonsumsi parasetamol. Atau dengan melakukan pencegahan 3M, yaitu menutup, Menguras dan Mengubur.
Dalam sesi pertanyaan, ada beberapa siswa yang bertanya. Suasana menjadi kian menarik karena ada pemberian doorprise bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan moderator terkait dengan apa yang telah dijelaskan oleh tutor.
DSCF4704
Para siswa mengacungkan jari saat moderator mengajukan pertanyaan yang berhadiah doorprise bagi yang bisa menjawab dengan benar.
DSCF4694
Salah satu siswa saat mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab.
DSCF4708DSCF4710
Pemberian kenangn-kenangan kepada Tutor dan Moderator oleh panitia.
Sekitar pukul sepuluh kurang seperempat, acara selesai dan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan oleh panitia. (Muhamad Syafiq Syarofi)