IMG_20160408_213343Para santri sedang khusyuk mengikuti pengajian.
Dalam rangka menambah wawasan dan khazanah keilmuan para siswa dan santri tentang kitab kuning, Seksi Pendidikan Himpunan Siswa Mathali’ul Falah (HSM) mengadakan Pengajian Kilatan yang dibuka untuk umum pada hari Jum’at dan Senin malam, 8 dan 11 April2016, dengan qori’ KH. Ahmad Musta’in dari Gunungwungkal, Pati. Pengajian dimulai pada jam delapan malam dengan menggunakan kitab Maulid Al-Barzanji, yang dikarang oleh As-Sayyid Ja’far Hasan bin Abdul Karim al-Barzanji, di salah satu ruang kelas Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM), Kajen Margoyoso Pati. Diikuti oleh 70 santri lebih, baik dari siswa PIM sendiri maupun dari santri-santri Kajen.
Seperti yang dituturkan Ketua Seksi Pendidikan, M. Yusron Wafi, pemilihan kitab tersebut pada pengajian kilatan yang diagendakan tiap tahun ini merupakan sebuah bentuk hormat kepada Rasulullah SAW. dan untuk mempelajari sejarah hidup beliau dari dalam kandungan kitab Maulid Al-Barzanji tersebut. “Selain untuk menambah wawasan tentang kita kuning, juga untuk mengenal dan mempelajari sejarah Nabi Muhammad SAW.”
IMG_20160408_213526
IMG_20160408_213429
Para peserta pengajian kilatan, terlihat dari dalam dan di luar ruangan.
Pengajian kilatan tersebut selesai pada jam sebelas lebih. Dipungkasi dengan doa oleh Bapak KH. Ahmad Musta’in sebagai qori’ dan para santri yang mengikuti pengajian berebut mencium tangan beliau.
Salah satu peserta pengajian, Muflih Roffal, mengatakan, pengajian ini cukup bagus untuk para santri dan sangat bermanfaat sekali, karena bisa menambah pengetahuan tentang sejarah Rasulullah SAW.
“Santri jangan hanya bersholawat saja, tapi juga harus mempelajari sejarah kehidupan beliau (Rasulullah SAW).” pungkasnya. (Muhamad Syafiq Syarofi)