DSCF4005
Bapak Ah. Sholeh, saat memberikan materi kepada para peserta.
Kamis malam, 17 Maret 2016, pukul 20.15 WIB, seluruh siswa kelas 3 Aliyah Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) mengikuti acara Tajhizul Mayyit yang diadakan oleh Seksi Sosial Himpunan Siswa Mathali’ul Falah HSM) di salah satu ruang kelas PIM, dengan tutor Bapak Ahmad Sholeh, Kaur Kesra (modin) desa Kajen dan dihadiri oleh bapak Penasehat HSM, H. M. Ulin Nuha, Lc.
DSCF4004
Bapak H. M. Ulin Nuha, Lc., saat memberikan sambutan.
Acara ini penting diadakan bagi siswa kelas 3 Aliyah yang akan segera lulus dan kembali ke masyarakat guna pembekalan ilmu bilamana ada sanak famili ataupun masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk mengurusi jenazah keluarga mereka. Tentunya, sebagai lulusan pesantren, santri memang harus siap akan hal itu.
DSCF4013DSCF4011
Para peserta sedang serius mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh Tutor.
Dalam acara tersebut, Bapak Ahmad Sholeh menjelaskan bagaimana tahap-tahap mengurusi jenazah, mulai dari bagaimana cara meluruskan anggota badan jenazah, memandikan, mengkafani dan lain-lain. Para peserta aktif dan serius mengikuti setiap materi yang disampaikan karena penjelasan tutor yang santai, interaktif dan diselingi dengan bercanda ala santri.
DSCF4020
Tutor sedang mempraktekkan bagaimana cara mengukur tali dan kain kafan di depan para peserta.
DSCF4033
sebagian peserta mempraktekkan bagaimana cara dan posisi memandikan jenazah.
DSCF4036
Jenazah saat sudah dikafani.
DSCF4037
Peserta diajari bagaimana mengangkat jenazah untuk dimasukkan ke liang lahat.
Juga diadakan praktek cara mengangkat jenazah, memangku jenazah saat dimandikan, bagaimana mengukur kain kafan dan mengkafani jenazah, dan cara memasukkan jenazah ke dalam liang lahat. (Muhamad Syafiq SF)