DSCF5709
Bapak Ratna Andi Irawan saat menyampaikan teori kepada para peserta
Senin pagi, 07 Desember 2015, sebanyak 28 siswa tingkatan Aliyah Perguruan Islam Mathali’ul Falah mengikuti Pelatihan Kepenulisan yang diselenggarakan oleh Seksi Komunikasi dan Informasi Himpunan Siswa Mathali’ul Falah (HSM) di aula Panti Asuhan Darul Hadlonah. Bapak Ratna Andi Irawan, selaku ketua LAKPESDAM Pati sekaligus pengasuh Panti Asuhan tersebut, menjadi tutor dalam pelatihan tersebut. Acara ini bertujuan untuk memberikan teori dan pemahaman tentang bagaimana membuat tulisan berupa artikel dan esai kepada para peserta. Pelatihan ini juga diadakan praktek membuat sebuah artikel di perpustakaan Panti Asuhan tersebut untuk mempraktekkan teori yang telah disampaikan. Dalam pelatihan ini, hadir Pembantu Direktur bidang Kesiswaan, bapak H. Ah. Subhan Salim, M.Ag., dan Dewan Penasehat HSM, bapak H. M. Ulin Nuha, Lc. yang memberikan sambutan dalam acara tersebut.
DSCF5656
Bapak Ah. Subhan Salim, M.Ag., saat memberikan sambutan. Terlihat di samping beliau, Bapak H. M. Ulin Nuha, Lc, (tengah) dan bapak Ratna Andi Irawan (kanan).
Selama hampir dua jam, para siswa diberikan teori yang disampaikan tutor. Sebelum praktek, para siswa dibagi menjadi empat belas kelompok. Satu kelompok terdiri dari dua orang. Setiap kelompok dituntut untuk membuat artikel minimal tiga halaman. Para siswa diperbolehkan mencari buku di perpustakaan sebagai penunjang referensi tulisan mereka.
DSCF5705
Para peserta terlihat serius mendengarkan teori yang disampaikan tutor.
Akhirnya sebanyak empat belas artikel terkumpul, meski banyak yang belum memenuhi kriteria. Setelah semua tulisan dievaluasi oleh tutor, tulisan dikembalikan ke kelompok masing-masing untuk direvisi kembali di pesantren masing-masing. Setiap kelompok diberikan waktu dua minggu untuk mengumpulkan tulisan mereka. Selanjutnya, tulisan para siswa tersebut dikumpulkan dan didokumentasikan berupa antologi.
DSCF5743
Para peserta sedang mencari bahan referensi untuk tulisan mereka.
DSCF5746
Para peserta saat praktek membuat artikel.
Ada pesan yang disampaikan bapak Pembantu Direktur dan Bapak Dewan Penasehat HSM kepada panitia. Setelah acara ini selesai dari panitia diharapkan membuat sebuah komunitas menulis sebagai wadah para siswa untuk mengembangkan bakat menulisnya lebih jauh, agar hasil dari pelatihan ini terus bermanfaat.
DSCF5824
Panitia menyerahkan kenang-kenangan kepada tutor.
DSCF5839
Foto bersama para peserta dengan tutor.
Acara ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari panitia kepada bapak Andi dan foto bersama beliau. (Muhamad Syafiq SF)cheap knockoff laboutin heels Louboutin replica shoes replica platform red bottom shoes