MQK NASIONAL JAMBI

Dari kiri, Hj. Ummu Aiman (pembimbing) Amimah Azmi (Juara I Balaghoh Ulya) Nada Mauila (Juara II Ushul Fiqh Ulya), Indana Zulfa (Juara II Nahwu Ula)

3 santri Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati yang ikut mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Ajang MQK (Musabaqoh Qiroatil Kutub) Nasional ke-V di Jambi berhasil membawa Pulang 3 tropi.

Ke-tiga santri Perguruan Islam Mathali’ul Falah  yang sebelumnya telah memenangi penyisihan tingkat propinsi tersebut adalah Amimah Azmi juara I kategori Balaghoh tingkat Ulya (kitab Uqud Al-Juman),   Nada Mauila juara II kategori ushul Fiqh tingkat Ulya (kitab Lub Al-Ushul) dan Indana Zulfa juara II kategori Nahwu tingkat Ula (kitab Imriti).

MQK Kelima yang digelar di Ponpes As`ad Olak Kemang Danau Teluk Jambi, Provinsi Jambi 1- 9 September itu menjadi ajang menggali potensi-potensi para santri dalam kebolehannya membaca kitab gundul (kitab kuning). Kitab Kuning adalah istilah untuk kitab literatur dan referensi Islam dalam bahasa Arab klasik meliputi berbagai bidang studi Islam seperti Quran, Tafsir, Ilmu Tafsir, Hadits, Ilmu Hadits, Fiqih, Tauhid, ilmu lughah (bahasa Arab), Tarikh atau sejarah Islam, Akhlak, dan kitab-kitab dari berbagai disiplin ilmu yang ditulis dalam Bahasa Arab oleh para ulama dan intelektual muslim klasik.

Lomba membaca kitab kuning tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Agama RI itu diikuti oleh 1.800 peserta dari 33 provinsi di Indonesia. (abi raad)