SAM_5664

Minggu pagi (17/8), Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) mengadakan upacara peringatan HUT RI yang ke 69 di lapangan PIM, Kajen Margoyoso Pati. Semua siswa putra diwajibkan mengikuti acara ini dan dihadiri oleh para asatidz PIM beserta bapak Sekertaris Kecamatan yang menjadi inspektur upacara dan perwakilan dari Koramil. Prosesi upacara berlangsung khidmat dan berjalan cukup lancar. Tujuan diadakannya acara ini selain untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia juga untuk membangkitkan kembali rasa patriotisme dan jiwa nasionalis dalam diri para siswa.

Pada awalnya, dari PIM sendiri tidak menyelenggarakan sendiri upacara peringatan seperti ini. Biasanya PIM diundang oleh pihak kecamatan Margoyoso untuk mengikuti upacara yang diselenggarakan oleh pihak kecamatan. Namun, beberapa tahun terakhir, dari PIM sendiri tidak menghadiri undangan tersebut dikarenakan tanggal 17 Agustus bertepatan dengan bulan ramadhan dan libur panjang. “memang pada awal mulanya diundang oleh kecamatan. Namun tiga tahun terakhir bertepatan dengan Ramadhan.“ jelas bapak Sulkhan, selaku penanggung jawab acara ini. Karena sudah beberapa kali tidak hadir, maka dari pihak kecamatan pada tahun ini tidak memberi undangan. Oleh karena itu, PIM mengadakan sendiri upacara tersebut.
upacara
Masyarakat sekitar juga ikut antusias melihat jalannya upacara tersebut. Upacara ditutup dengan penampilan Marching Band Mathali’ul Falah. “Harapan ke depan, semoga ada pelaksanaan lagi tahun depan dan bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.” tandas beliau. (syafiq)