Bahasa Pengantar

Bahasa pengantar yang dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar meliputi 3 bahasa yakni bahasa jawa, bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Bahasa jawa dan bahasa Indonesia digunakan pada semua tingkatan (Ibtidaiyah, Diniyah Ula, Tsanawiyah, Diniyah Wustho dan Aliyah). Sedangkan bahasa Arab banyak ditekankan bagi tingkat Aliyah dan materi-materi tertentu.

Sistem Pengajaran

Kegiatan belajar mengajar di tingkat Ibtidaiyyah dan Diniyah Ula Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) dilaksanakan dengan sistem klasikal dimana sekelompok siswa dengan kemampuan rata-rata dan usia yang hampir sama menerima pelajaran dari seorang guru dalam mata pelajaran tertentu. Sedangkan untuk tingkat Tsanawiyah, Diniyah Wustho dan Aliyah di samping sistem klasikal dan siswa menerima pelajaran dari seorang guru, juga dibentuk kelompok-kelompok sesuai dengan keperluan dan tujuan pengajaran dapat agar dalam waktu dan tempat yang sama terjadi dialog antar peserta didik dan antara guru dengan peserta didik.

Kegiatan belajar-mengajar di tingkat Ibtidaiyyah pada dasarnya adalah meletakkan dasar-dasar kemampuan psikis dan fisik serta penyesuaian sosial secara utuh. Sementara untuk tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, dalam rangka mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke pendidikan lanjutan perlu adanya pengembangan sikap bertanggung jawab dalam belajar dan mengemukakan pendapat secara kritis dan benar.

Lama Pendidikan

Secara umum pelaksanaan pendidikan di tingkat Ibtidaiyah berlangsung selama enam tahun, Diniyah Ula dua tahun, di tingkat Tsanawiyah tiga tahun, Diniyah Wustho dua tahun, dan di tingkat Aliyah tiga tahun. Namun bagi peserta didik yang mempunyai kemampuan lebih, dapat dimungkinkan menempuh pendidikan dalam waktu yang lebih singkat yakni dengan cara dinaikkan melampaui satu kelas di atasnya, dengan ketentuan:

a) Memiliki nilai rata-rata minimal 8 (delapan)

b) Lulus test masuk kelas yang dimaksudkan

c) Diusulkan oleh wali kelas yang diperkuat oleh sekurang-kurangnya dua orang guru yang bersangkutan

d) Memenuhi syarat-syarat lain yang ditentukan oleh Direktur PIM

 

Secara umum pelaksanaan pendidikan di tingkat Ibtidaiyah berlangsung selama enam tahun, di tingkat Tsanawiyah tiga tahun dan di tingkat Aliyah tiga tahun. Namun bagi peserta didik yang mempunyai kemampuan lebih, dapat dimungkinkan menempuh pendidikan dalam waktu yang lebih singkat yakni dengan cara dinaikkan melampaui satu kelas di atasnya, dengan ketentuan:

a) Memiliki nilai rata-rata minimal 8 (delapan)

b) Lulus test masuk kelas yang dimaksudkan

c) Diusulkan oleh wali kelas yang diperkuat oleh sekurang-kurangnya dua orang guru yang bersangkutan

d) Memenuhi syarat-syarat lain yang ditentukan oleh Direktur PIM