Gedung

Seiring dengan terus bertambahnya jumlah siswa, PIM terus membangun gedung yang representatif untuk mendukung efektifitas dan efisiensi kegiatan belajar. Saat ini PIM memiliki enam bangunan di atas areal 3150 meter, 50 ruang kelas dengan daya tampung masing-masing kelas sebanyak 40 siswa, 2 ruang kantor guru, 1 ruang direktur, 1 ruang rapat pembantu direktur, 1 ruang kantor tata usaha, 1 ruang tamu, 1 ruang perpustakaan, 1 kantor panitia ujian, 1 kantor P3H, 1 auditorium, 1 kantor HSM, 1 Kantor Hismawati, 1 kantor QNS banin, 1 kantor QNS banat, 1 ruang UKS, 1 mushalla, 12 kamar mandi, 1 ruang laboratorium komputer, 1 ruang multi media class, 2 gudang.

Perpustakaan

Perpustakaan adalah jantung madrasah. Saat ini perpustakaan PIM memiliki koleksi buku sebanyak 3702 judul. Koleksi tersebut meliputi buku-buku berbahasa arab, inggris, maupun indonesia, dengan disiplin ilmu yang beraneka ragam; mulai bahasa, sastra, tafsir, hadits, fiqh, ushul fiqh, serta ilmu-ilmu keislaman yang lain. Ada juga koleksi ilmu-ilmu sosial, filsafat, psikologi, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Laboratorium

Untuk menunjang peningkatkan kemampuan dan skill siswa-siswinya, PIM memiliki laboratorium bahasa yang di dalamnya terdapat 20 unit tempat praktikum, I buah televisi dan perangkatnya. Melalui laboratorium ini para siswa melakukan eksperimen dan praktek sehingga kemampuan dan skill mereka di bidang bahasa bisa terus meningkat.

Multi Media Class

Di samping laboratorium bahasa, untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswinya serta menunjang praktek pengajaran, PIM juga memiliki ruang multi media. Di ruang ini terdapat seperangkat komputer yang dilengkapi dengan LCD, scanner, OHP, Proyektor, VCD & DVD player, Televisi, Loud Speaker, Air Condition dan didukung dengan daya tampung 40 kursi siswa ditambah 1 kursi tutor.

Auditorium

Selain kegiatan pengajaran, untuk megembangkan kemampuan sosial dan bakat seni, para siswa mengadakan kegiatan-kegiatan keorganisasian dan kesenian. Auditorium ini adalah ruang serbaguna sebagai sarana yang bisa digunakan oleh para siswa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan mereka.